RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 5 / Pertama
Standar Kompetensi : 1 Mendengarkan
Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan.
Waktu : 2 X 35 Menit
MENDENGARKAN
A. Kompetensi Dasar
1.1. Menanggapi penjelasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.
B. Tujuan Pembelajaran**:
§ Siswa dapat Mendengarkan penjelasan.
§ Siswa dapat Menananggapi pernyataan.
§ Siswa dapat Menanggapi. penjelasan nara sumber.
§ Siswa dapat Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
§ Siswa dapat Menceriterakan penjelasan nara sumber
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Teks Penjelasan nara sumber
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang penjelasan nara sumber
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan penjelasan.
F Menananggapi pernyataan.
F Menanggapi. penjelasan nara sumber.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah, siswa diminta Menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
F Menceriterakan penjelasan nara sumber.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca buku cerita dan melaporkan isi buku secara tertulis
E. Metode/Sumber Belajar
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan/Multi Metode
§ Sumber Belajar : Teks, Bina Bahasa Indonesia Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
· Siswa dapat mendengarkan penjelasan. · Siswa dapat menanggapi pernyataan. · Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber. · Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber. · Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber. | · Lisan. · Tertulis | Lembar penilaian Produk | · Tanggapilah pernya-taan nara sumber! · Tuliskanlah hal-hal penting dari penjelasan nara sumber! |
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
& Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. 3. | Pengetahuan Praktek Sikap | * Pengetahuan * kadang-kadang Pengetahuan * tidak Pengetahuan * aktif Praktek * kadang-kadang aktif * tidak aktif * Sikap * kadang-kadang Sikap * tidak Sikap | 4 2 1 4 2 1 4 2 1 |
LEMBAR PENILAIAN
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | ||
Pengetahuan | Praktek | Sikap | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas V
.................................. ..................................
NIP : NIP :
0 komentar:
Posting Komentar
z