Persyaratan Pengumpulan Data

Dalam melakukan pengumpulan pada penelitian tindakan kelas tidak hanya menggunakan satu teknik tertentu, tetapi multi teknik dan tentunya juga dengan multi instrumen sebagai alat pengumpul data.
Dalam pelaksanaan penelitian seorang peneliti mengharapkan data-data yang terkumpul sesuai dengan kenyataan, ketepatan pengumpulan. Artinya data yang terkumpul memang mengukur apa yang seharusnya diukur.

Untuk mengumpulkan data yang memiliki ketepatan, perlu persyaratan dalam proses pengumpulan data, yaitu:
  • Validitas
Validitas adalah tingkat kesahihan alat pengumpul data (instrumen) atau mengukur dengan tepat apa yang seharusnya diperoleh dari hasil penelitian. Dengan kata lain, data yang terkumpul benar-benar yang ingin diperoleh oleh peneliti. Salah satu teknik validitas adalah meminta para pendapat para ahli tentang pandangan, pendapat, penilaian terhadap instrumen yang ingin digunakan dalam penelitian tersebut.

Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian merupakan alat pengumpul data yang memiliki tingkat keterpercayaan dan keterpahaman. Keterpercayaan alat pengumpul data oleh Guba (1981) harus memiliki karakteristik seperti: kredibilitas (tingkat kepercayaan baik instrumen maupun datanya), transferabilitas (kegunaan data hasil penelitian pada situasi lain), keabsahan (tingkat kesahan), konfirmabilitas (terkait dengan penggambaran keadaan sebenarnya dari data).

Keterpahaman, hal ini berkaitan dengan kejelasan dan kemudahan data untuk difahami. Oleh Maxwell (1192) mengemukakan empat kriteria, yaitu: Validitas deskriptif (ketepatan data yang terkumpul), validitas interpretif (kepedulian peneliti terhadap pandangan partisipan), validitas teoritis (menjelaskan fenomena yang dan mendiskripikannya), dan validitas evaluatif (menghasilkan data yang bukan perkiraan)
  • Reliabilitas
Hal ini berkaitan dengan keajegan, ketepatan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Teknik terpenting dari pengumpulan data supaya memperoleh dara yang reliabilitasa dalah kejujuran, kesungguhan, dan ketelitian selama proses pengumpulan data.
  • Kegunaan

Hal ini berkaitan dengan pemanfaatan data hasil penelitian. Dalam kasus penelitian tindakan kelas, maka kegunaan hanya diberlakukan pada kelas yang diteliti. Temuan-temuan selama penelitian harus memberikan manfaat kepada siswa, guru sebagai peneliti dan sekolah.

Dalam beberapa hal pada proses dan hasil pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas perlu tetap memperhatikan segi-segi etika. Etika sebagai peneliti, etika sebagai guru, dan tentunya menjaga kerahasiaan nama baik. Hal ini untuk menghindari dampak-dampak negatif yang mungkin saja muncul.


0 komentar:

Posting Komentar

z

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Blog Lima Themes | Bloggerized by Lasantha - Kelas Lima Esde | Blogger Templates