Bahasa Indonesia

Wawancara

Siswa  : Bapak sedang memanen apa?

Petani : Sedang memanen kelapa sawit dan kopi, Nak.

Siswa  : Bapak bekerja sendirian?

Petani : Tidak, ada  lima  orang  pekerja  yang    membantu
saya.

Siswa  : Setiap berapa bulan sekali Bapak panen seperti ini?

Petani : Kalau kelapa sawit  panennya  setiap  enam   bulan
sekali, kalau  kopi   Bapak    memanennya     setiap   
setahun  sekali. Ini  kebetulan  masa panen  kelapa 
sawit dan kopi berbarengan.

Siswa  : Berapa ton hasil yang Bapak dapatkan  dalam  satu
kali panen?

Petani : Kurang lebih sekitar 10 ton, Nak!

Siswa  : Wah, banyak juga  ya,  Pak.  Lalu  dibawa  kemana
hasil panen ini?

Petani : Biasanya  saya  jual  ke  koperasi.   Selain  mudah,
harganya juga cukup bersaing.

Siswa  : Kalau  dirata-ratakan,   Pak,   berapa   penghasilan
Bapak untuk sekali panen?

Petani : Sekitar  2   jutaan,  Nak.   Ya,   cukuplah      untuk
mencukupi hidup selama enam bulan.

Siswa  : Anak Bapak masih bersekolah?

Petani : Masih, Nak. Yang pertama di perguruan tinggi, dan
yang kedua masih duduk di bangku SMU.

Siswa  : Bapak menyekolahkan kedua anak Bapak dari hasil
kebun ini?

Petani : Cuma kebun ini yang kami punya.  Jadi  saya harus
bekerja    keras   agar    anak-anak    saya     dapat  
menyelesaikan sekolahnya.

Siswa  : Saya bangga kepada Bapak.  Bapak  ulet dan tekun
dalam berusaha. Saya doakan semoga hasil kebun  Bapak tetap berlimpah. Terima kasih, ya, Pak.





0 komentar:

Posting Komentar

z

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Blog Lima Themes | Bloggerized by Lasantha - Kelas Lima Esde | Blogger Templates